Kabupaten Bogor - Teras Caringin adalah Media Komunikasi Komunitas Tanah Impian di Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. (ETI)

Wanita Cantik di Mata Pria

Wanita Cantik di Mata Pria
Wanita-wanita Berparas Menawan Hati

News

Back to Kabupaten Bogor

Kecamatan Caringin adalah asal muasalnya Pencak Silat Cimande

Penca Silat (Foto : Istimewa)
Cimande (TerasCaringin) - Ternyata Aliran Penca Silat Cimande yang sangat dikenal di dunia persilatan Nasional maupun Internasional ini, berasal dari sebuah kampung yang bernama Kampung Tarikolot, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Diperkirakan aliran ini sudah ada sejak abad ke 17, dimana lebih tepatnya lahir di Kampung Babakan Tarikolot, Desa Cimande, dibawa oleh Eyang Khair.

Kata Cimande sendiri ditenggarai berasal dari istilah 'Cai Iman anu Hade' (Air iman yang baik), atau 'Ciri Manusa anu Hade' (ciri manusia yang baik).

Hal tersebut dapat memiliki arti bahwa manusia yang baik, adalah manusia yang mempunyai pikiran yang tentram, yakni 'tara pasea raga (tidak pernah menyakiti orang lain secara fisik)' dan 'tara pasea rasa (tidak pernah menyakiti orang lain secara bathin).'

Sementara 'Tarikolot' menurut berasal dari kata 'tari' atau 'mari', dan 'kolot.' memiliki arti sesuatu yang berlangsung secara turun temurun, yang bermakna darimana asal usul kita. (SSM)

Sumber : dari berbagai sumber
Foto : Istimewa

Labels: Berita Caringin

Thanks for reading Kecamatan Caringin adalah asal muasalnya Pencak Silat Cimande. Please share...!

0 Komentar untuk "Kecamatan Caringin adalah asal muasalnya Pencak Silat Cimande"

Wanita Cerdas Hormati Pria Berpengetahuan Luas

Wanita Cerdas Hormati Pria Berpengetahuan Luas
Jendela Nusantara

Proud to be Indonesia

Proud to be Indonesia
Back to Local Wisdom
Back To Top